Minggu, 30 Juni 2013

Contoh Rubrik Evaluasi (SAINS SD kelas 3 semester 1)

NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ASSESMENT
KRITERIA PENILAIAN
1.

3. 3 Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan kertas
Merinci sifat-sifat dari benda plastik, kayu, kaca dan kertas
1.      Sebutkan apa saja sifat-sifat benda plastik!
2.      Sebutkan apa saja sifat-sifat benda kayu!
3.      Sebutkan apa saja sifat-sifat benda kaca!
4.      Sebutkan apa saja sifat-sifat benda kertas!
5.      Coba urutkan benda-benda dibawah  ini dari yang paling keras ke yang lunak!
a)      plastik
b)      kayu
c)      kaca
d)     kertas
1.      Sifat-sifat benda plastik, yaitu:
·         ringan
·         elastis
·         tidak mudah pecah dan tahan lama
·         tidak menyerap air
0 = Peserta didik tidak dapat menuliskan salah satu sifat-sifat benda plastik atau semua jawaban yang ditulis peserta didik salah
2 = Peserta didik hanya menuliskan satu dari empat sifat-sifat benda plastik dengan benar
5 = Peserta didik dapat menuliskan dua sifat dari empat sifat-sifat benda plastik dengan benar
8 = Peserta didik dapat menuliskan tiga sifat dari empat sifa-sifat benda plastik dengan benar
10 = Peserta didik dapat menuliskan empat sifat-sifat benda plastic dengan benar

2.      Sifat-sifat benda kayu, yaitu:
·         keras
·         mudah terbakar
·         mudah di bentuk
0 = Peserta didik tidak dapat menuliskan salah satu sifat-sifat benda kayu atau semua jawaban yang ditulis peserta didik salah
3 = Peserta didik hanya menuliskan satu dari tiga sifat-sifat benda kayu dengan benar
7 = Peserta didik dapat menuliskan dua sifat dari tiga sifat-sifat benda kayu dengan benar
10 = Peserta didik dapat menuliskan tiga sifat-sifat benda kayu dengan benar

3.      Sifat-sifat benda kaca, yaitu:
·         tembus pandang
·         mudah pecah
·         keras
0 = Peserta didik tidak dapat menuliskan salah satu sifat-sifat benda kaca atau semua jawaban yang ditulis peserta didik salah
3 = Peserta didik hanya menuliskan satu dari tiga sifat-sifat benda kaca dengan benar
7 = Peserta didik dapat menuliskan dua sifat dari tiga sifat-sifat benda kaca dengan benar
10 = Peserta didik dapat menuliskan tiga sifat-sifat benda kaca dengan benar

4.      Sifat-sifat benda kertas, yaitu:
·         dapat menyerap air
·         ringan
·         mudah sobek
·         mudah terbakar
0 = Peserta didik tidak dapat menuliskan salah satu sifat-sifat benda kertas atau semua jawaban yang ditulis peserta didik salah
2 = Peserta didik hanya menuliskan satu dari empat sifat-sifat benda kertas dengan benar
5 = Peserta didik dapat menuliskan dua sifat dari empat sifat-sifat benda kertas dengan benar
8 = Peserta didik dapat menuliskan tiga sifat dari empat sifa-sifat benda kertas dengan benar
10 = Peserta didik dapat menuliskan empat sifat-sifat benda kertas dengan benar

5.      Urutan dari yang paling keras ke yang paling lunak, yaitu kaca, kayu, kertas dan plastik (C-B-D-A)
0 = Peserta didik menuliskan dengan urutan yang salah dari benda tersebut (untuk jawaban : ADBC, BCAD, dll)
2 = Peserta didik menuliskan urutan pertama dengan salah, namun urutan ke dua, ketiga atau keempatnya ada yang benar (untuk jawaban : BCDA, DBCA, DBAC, ABDC, dll)
5 = Peserta didik menuliskan urutan pertama benda dengan benar (untuk jawaban : CDAB, CDBA, CABD dan CADB)
8 = Peserta didik menuliskan urutan pertama dan kedua benda dengan benar (untuk jawaban : CBAD)
10 = Peserta didik menuliskan urutan semua benda tersebut dengan benar (untuk jawaban : CBDA)
Menguraikan kegunaan benda plastik, kaca, kayu dan kertas
6.      Apa saja kegunaan benda plastik dalam kehidupan sehari-hari?
7.      Apa saja kegunaan benda kaca dalam kehidupan sehari-hari?
8.      Apa saja kegunaan benda kayu dalam kehidupan sehari-hari?
9.      Apa saja kegunaan benda kertas dalam kehidupan sehari-hari?
10.  Apa saja kegunaan benda-benda yang bersifat keras dan benda-benda yang bersifat lunak?
6.      0 = Peserta didik tidak dapat menyebutkan satu kegunaan pun benda plastik dalam  kehidupan sehari-hari
2 = Peserta didik dapat menyebutkan satu kegunaan pbenda  plastik dalam kehidupan sehari-hari
4 = Peserta didik dapat menyebutkan dua kegunaan benda plastik dalam kehidupan sehari-hari
6 = Peserta didik dapat menyebutkan tiga kegunaan benda plastik dalam kehidupan sehari-hari
8 = Peserta didik dapat menyebutkan empat kegunaan benda plastik dalam kehidupan sehari-hari
10 = Peserta didik dapat menyebutkan lima kegunaan benda plastik dalam kehidupan sehari-hari
7.      0 = Peserta didik tidak dapat menyebutkan satu kegunaan pun benda kaca dalam  kehidupan sehari-hari
2 = Peserta didik dapat menyebutkan satu kegunaan pbenda  kaca dalam kehidupan sehari-hari
5 = Peserta didik dapat menyebutkan dua kegunaan benda kaca dalam kehidupan sehari-hari
8 = Peserta didik dapat menyebutkan tiga kegunaan benda kaca dalam kehidupan sehari-hari
10 = Peserta didik dapat menyebutkan empat kegunaan benda kaca dalam kehidupan sehari-hari
8.      0 = Peserta didik tidak dapat menyebutkan satu kegunaan pun benda kayu dalam  kehidupan sehari-hari
2 = Peserta didik dapat menyebutkan satu kegunaan pbenda  kayu dalam kehidupan sehari-hari
4 = Peserta didik dapat menyebutkan dua kegunaan benda kayu dalam kehidupan sehari-hari
6 = Peserta didik dapat menyebutkan tiga kegunaan benda kayu dalam kehidupan sehari-hari
8 = Peserta didik dapat menyebutkan empat kegunaan benda kayu dalam kehidupan sehari-hari
10 = Peserta didik dapat menyebutkan lima kegunaan benda kayu dalam kehidupan sehari-hari
9.      0 = Peserta didik tidak dapat menyebutkan satu kegunaan pun benda kertas dalam  kehidupan sehari-hari
3 = Peserta didik dapat menyebutkan satu kegunaan pbenda  kertas dalam kehidupan sehari-hari
5 = Peserta didik dapat menyebutkan dua kegunaan benda kertas dalam kehidupan sehari-hari
8 = Peserta didik dapat menyebutkan tiga kegunaan benda kertas dalam kehidupan sehari-hari
10 = Peserta didik dapat menyebutkan empat kegunaan benda kertas dalam kehidupan sehari-hari
10.  0 = Peserta didik tidak dapat menuliskan salah satu kegunaan dari kedua jenis benda tersebut baik yang keras ataupun yang lunak atau jawaban peserta didik salah
3 = Peserta didik dapat menuliskan satu dari salah satu kegunaan kedua jenis benda tersebut baik yang keras ataupun yang lunak
6 = Peserta didik dapat menuliskan satu dari masing-masing kegunaan kedua jenis benda tersebut baik yang keras ataupun yang lunak
8 = Peserta didik dapat menuliskan dua dari kegunaan jenis benda keras dan satu dari kegunaan jenis benda lunak atau dapat menuliskan satu dari kegunaan jenis benda keras dan dua dari kegunaan jenis benda lunak
10 = Peserta didik dapat menuliskan dua dari masing-masing kegunaan kedua jenis benda tersebut baik yang keras ataupun yang lunak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar