NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
ASSESMENT
|
KRITERIA
PENILAIAN
|
1.
|
3. 3 Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan
kertas
|
Merinci
sifat-sifat dari benda plastik, kayu, kaca dan kertas
|
1. Sebutkan
apa saja sifat-sifat benda plastik!
2. Sebutkan
apa saja sifat-sifat benda kayu!
3. Sebutkan
apa saja sifat-sifat benda kaca!
4. Sebutkan
apa saja sifat-sifat benda kertas!
5. Coba
urutkan benda-benda dibawah ini dari
yang paling keras ke yang lunak!
a) plastik
b) kayu
c) kaca
d) kertas
|
1. Sifat-sifat
benda plastik, yaitu:
·
ringan
·
elastis
·
tidak mudah pecah dan tahan lama
·
tidak menyerap air
0 = Peserta didik
tidak dapat menuliskan salah satu sifat-sifat benda plastik atau semua
jawaban yang ditulis peserta didik salah
2 = Peserta didik
hanya menuliskan satu dari empat sifat-sifat benda plastik dengan benar
5 = Peserta didik
dapat menuliskan dua sifat dari empat sifat-sifat benda plastik dengan benar
8 = Peserta didik
dapat menuliskan tiga sifat dari empat sifa-sifat benda plastik dengan benar
10 = Peserta
didik dapat menuliskan empat sifat-sifat benda plastic dengan benar
2. Sifat-sifat
benda kayu, yaitu:
·
keras
·
mudah terbakar
·
mudah di bentuk
0 = Peserta didik
tidak dapat menuliskan salah satu sifat-sifat benda kayu atau semua jawaban
yang ditulis peserta didik salah
3 = Peserta didik
hanya menuliskan satu dari tiga sifat-sifat benda kayu dengan benar
7 = Peserta didik
dapat menuliskan dua sifat dari tiga sifat-sifat benda kayu dengan benar
10 = Peserta
didik dapat menuliskan tiga sifat-sifat benda kayu dengan benar
3. Sifat-sifat
benda kaca, yaitu:
·
tembus pandang
·
mudah pecah
·
keras
0 = Peserta didik
tidak dapat menuliskan salah satu sifat-sifat benda kaca atau semua jawaban
yang ditulis peserta didik salah
3 = Peserta didik
hanya menuliskan satu dari tiga sifat-sifat benda kaca dengan benar
7 = Peserta didik
dapat menuliskan dua sifat dari tiga sifat-sifat benda kaca dengan benar
10 = Peserta
didik dapat menuliskan tiga sifat-sifat benda kaca dengan benar
4. Sifat-sifat
benda kertas, yaitu:
·
dapat menyerap air
·
ringan
·
mudah sobek
·
mudah terbakar
0 = Peserta didik
tidak dapat menuliskan salah satu sifat-sifat benda kertas atau semua jawaban
yang ditulis peserta didik salah
2 = Peserta didik
hanya menuliskan satu dari empat sifat-sifat benda kertas dengan benar
5 = Peserta didik
dapat menuliskan dua sifat dari empat sifat-sifat benda kertas dengan benar
8 = Peserta didik
dapat menuliskan tiga sifat dari empat sifa-sifat benda kertas dengan benar
10 = Peserta
didik dapat menuliskan empat sifat-sifat benda kertas dengan benar
5. Urutan
dari yang paling keras ke yang paling lunak, yaitu kaca, kayu, kertas dan
plastik (C-B-D-A)
0 = Peserta didik
menuliskan dengan urutan yang salah dari benda tersebut (untuk jawaban :
ADBC, BCAD, dll)
2 = Peserta didik
menuliskan urutan pertama dengan salah, namun urutan ke dua, ketiga atau
keempatnya ada yang benar (untuk jawaban : BCDA, DBCA, DBAC, ABDC, dll)
5 = Peserta didik
menuliskan urutan pertama benda dengan benar (untuk jawaban : CDAB, CDBA,
CABD dan CADB)
8 = Peserta didik
menuliskan urutan pertama dan kedua benda dengan benar (untuk jawaban : CBAD)
10 = Peserta
didik menuliskan urutan semua benda tersebut dengan benar (untuk jawaban :
CBDA)
|
Menguraikan
kegunaan benda plastik, kaca, kayu dan kertas
|
6.
Apa saja kegunaan benda plastik dalam kehidupan
sehari-hari?
7.
Apa saja kegunaan benda kaca dalam kehidupan
sehari-hari?
8.
Apa saja kegunaan benda kayu dalam kehidupan
sehari-hari?
9.
Apa saja kegunaan benda kertas dalam kehidupan
sehari-hari?
10.
Apa saja kegunaan benda-benda yang bersifat keras
dan benda-benda yang bersifat lunak?
|
6.
0 = Peserta didik tidak dapat menyebutkan satu
kegunaan pun benda plastik dalam
kehidupan sehari-hari
2 = Peserta
didik dapat menyebutkan satu kegunaan pbenda
plastik dalam kehidupan sehari-hari
4 = Peserta
didik dapat menyebutkan dua kegunaan benda plastik dalam kehidupan
sehari-hari
6 = Peserta
didik dapat menyebutkan tiga kegunaan benda plastik dalam kehidupan
sehari-hari
8 = Peserta
didik dapat menyebutkan empat kegunaan benda plastik dalam kehidupan
sehari-hari
10 = Peserta
didik dapat menyebutkan lima kegunaan benda plastik dalam kehidupan
sehari-hari
7.
0 = Peserta didik tidak dapat menyebutkan satu
kegunaan pun benda kaca dalam
kehidupan sehari-hari
2 = Peserta
didik dapat menyebutkan satu kegunaan pbenda
kaca dalam kehidupan sehari-hari
5 = Peserta
didik dapat menyebutkan dua kegunaan benda kaca dalam kehidupan sehari-hari
8 = Peserta
didik dapat menyebutkan tiga kegunaan benda kaca dalam kehidupan sehari-hari
10 = Peserta
didik dapat menyebutkan empat kegunaan benda kaca dalam kehidupan sehari-hari
8.
0 = Peserta didik tidak dapat menyebutkan satu
kegunaan pun benda kayu dalam
kehidupan sehari-hari
2 = Peserta
didik dapat menyebutkan satu kegunaan pbenda
kayu dalam kehidupan sehari-hari
4 = Peserta
didik dapat menyebutkan dua kegunaan benda kayu dalam kehidupan sehari-hari
6 = Peserta
didik dapat menyebutkan tiga kegunaan benda kayu dalam kehidupan sehari-hari
8 = Peserta
didik dapat menyebutkan empat kegunaan benda kayu dalam kehidupan sehari-hari
10 = Peserta
didik dapat menyebutkan lima kegunaan benda kayu dalam kehidupan sehari-hari
9.
0 = Peserta didik tidak dapat menyebutkan satu
kegunaan pun benda kertas dalam
kehidupan sehari-hari
3 = Peserta
didik dapat menyebutkan satu kegunaan pbenda
kertas dalam kehidupan sehari-hari
5 = Peserta didik
dapat menyebutkan dua kegunaan benda kertas dalam kehidupan sehari-hari
8 = Peserta
didik dapat menyebutkan tiga kegunaan benda kertas dalam kehidupan
sehari-hari
10 = Peserta
didik dapat menyebutkan empat kegunaan benda kertas dalam kehidupan sehari-hari
10.
0 = Peserta didik tidak dapat menuliskan salah
satu kegunaan dari kedua jenis benda tersebut baik yang keras ataupun yang
lunak atau jawaban peserta didik salah
3 = Peserta
didik dapat menuliskan satu dari salah satu kegunaan kedua jenis benda
tersebut baik yang keras ataupun yang lunak
6 = Peserta
didik dapat menuliskan satu dari masing-masing kegunaan kedua jenis benda
tersebut baik yang keras ataupun yang lunak
8 = Peserta
didik dapat menuliskan dua dari kegunaan jenis benda keras dan satu dari
kegunaan jenis benda lunak atau dapat menuliskan satu dari kegunaan jenis
benda keras dan dua dari kegunaan jenis benda lunak
10 = Peserta
didik dapat menuliskan dua dari masing-masing kegunaan kedua jenis benda
tersebut baik yang keras ataupun yang lunak
|
Minggu, 30 Juni 2013
Contoh Rubrik Evaluasi (SAINS SD kelas 3 semester 1)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar