Mengembangkan
Kegiatan Siswa dalam Lingkungan Hidup Sekitar Rumah dan Bagian-Bagiannya
1. Pengantar
Rumah merupakan tempat tinggal peserta
didik yang setiap harinya mereka tempati sebagai tempat berlindung dari hujan,
panas serta ancaman yang lainnya yang dapat mengganggu kenyamanan mereka. Rumah
juga merupakan tempat dimana peserta didik ditumbuhkembangkan baik jiwa maupun
fisik mereka. Maka dapat disimpulkan betapa pentingnya peranan lingkungan rumah
untuk peserta didik. Oleh karena itu guru harus bisa mengenalkan apa saja
kebiasaan hidup sehat yang dapat dilakukan di lingkungan rumah sebagai bentuk
tanggung jawab peserta didik dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan
rumah dan dirinya sendiri. Kegiatan pembelajaran ini dikemas dalam kegiatan
yang menyenangkan, melalui kegiatan bercerita, tanya jawab, menggambar dan
lain-lain. Hal ini dilakukan agar peserta didik mengenali lingkungan rumah yang
mereka tempati, sekaligus mampu berperan serta
dalam menjaga kebersihan, keindahan, maupun kelestarian lingkungan
rumah.
2. Tujuan
-
Melaksanakan pola hidup bersih dan sehat
di lingkungan rumah
-
Menanamkan rasa tanggung jawab untuk
memelihara kebersihan dan keindahan lingkungan rumah
3. Bahan
atau alat yang disediakan
-
Video pembelajaran tentang kebiasaan sehat
dan baik dalam menjaga kebersihan lingkungan rumah (berisi tentang kegiatan
menyiram tanaman, menyapu halaman, membuang samapah pada tempat sampah, dll.)
4. Waktu
Disediakan sesuai dengan yang dibutuhkan
5. Langkah
kegiatan
-
Lakukan kegiatan pembelajaran di dalam
kelas
-
Melakukan sebuah permainan kecil
tebak-tebakan. Disini guru bercerita dan murid yang menebaknya. Kegiatan ini
dilakukan agar konsentrasi siswa bisa terfokuskan saat pembelajaran. Inilah
beberapa cerita tebak-tebakan yang dapat digunakan oleh guru:
1.
Aku
sebuah benda. Murid-murid memasukkan sesuatu padaku. Aku ada dimana-mana. Di
dalam kelas dan di luar kelas. Dengan adanya aku sampah di sekolah tidak
berserakan. Semua terkumpul dalam tubuhku. Siapa aku? (tempat sampah)
2.
Aku
sebuah benda. Aku dipakai untuk membersihkan lantai yang berserakan dengan
sampah. Aku memiliki tongkat dan rambut diujung tubuhku. Murid-murid
menggunakanku untuk membersihkan lantai kelasnya. Dengan adanya aku sampah bisa
terkumpul. Siapa aku? (sapu)
3.
Aku
sebuah benda. Aku dipakai untuk membersihkan gigi yang kotor. Aku digunakan
manusia setiap pagi dan malam. Diujung tubuhku memiliki serabut lembut yang
akan menggosok gigimu. Aku selalu diolesi pasta gigi saat kamu menggunakanku.
Dengan adanya aku gigimu menjadi bersih. Siapa aku? (sikat gigi)
-
Guru melakukan tanya jawab tentang
kebiasaan hidup peserta didik di lingkungan rumah. Inilah proses tanya jawabnya:
1. Siapa
yang sudah mandi hari ini?
2. Apa
saja yang kalian lakukan saat mandi? (menanyakan kepada satu persatu peserta
didik, lalu menuliskan jawaban mereka di papan tulis)
3. Lalu
guru memberitahukan kegiatan apa saja yang harus dilakukan siswa saat mandi
dengan melihat pertimbangan jawaban dari peserta didik, seperti menggososk
gigi, mencucui rambut dengan sampo dan mandi menggunakan sabun.
4. Berapa
kali kalian memotong kuku? (guru memberitahukan agar memotong kuku setiap kali
sudah panjang)
5. Siapa
yang bisa memakai baju seragam dan sepatu sendiri?
6. Jam
berapa kalian tidur dan jam brapa kalian bangun? (lalu guru memberikan nasehat
kepada peserta didik untuk tidur pada jam 8 malam dan bangun pada jam 5 pagi)
7. Siapa
yang suka membersihkan kasur dan merapikan selimut dan bantal saat bangun?
8. Siapa
yang suka membantu orang tuanya
membersihkan rumah? Apa saja kegiatan yang kalian bantu? (bertanya pada satu
persatu siswa, lalu menuliskan jawaban mereka dipapan tulis)
9. Lalu
guru memberitahukan apa saja kegiatan menjaga lingkungan rumah sesuai dengan
jawaban siswa sebelumnya. Guru pun memberikan penguatan agar peserta didik ikut
menjaga lingkungan rumahnya agar bersih dan sehat.
-
Setelah melakukan tanya jawab yang
bermakna, lalu guru mengajak siswa untuk membaca sebuah bacaan tentang pola
hidup sehat di rumah saat makan. Teks bacaannya seperti ini:
Makan
dengan Baik dan Sehat
Rina
selalu makan secukupnya. Sebelum makan Rina selalu mencuci tangannya dengan
sabun agar tangannya bebas dari kuman. Rina selalu berdoa sebelum maupun
sesudah makan. Rina selalu makan dengan makanan yang sehat, yaitu makanan yang
bersih dan bergizi. Makanan sehat tersebut membuat tubuh Rina menjadi sehat dan
kuat.
-
Setelah membaca bacaan tersebut guru
memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk menyebutkan apa saja kebiasaan
sehat yang dilakukan Rina saat makan. Setelah itu guru menasehati siswa untuk
mengikuti kebiasaan Rina saat makan.
-
Setelah itu guru mengajak peserta didik
untuk menonton sebuah video pembelajaran tentang kebiasaan sehat dan baik dalam
menjaga kebersihan lingkungan rumah seperti menyiram tanaman, menyapu halaman,
membuang samapah pada tempat sampah, dll.
-
Setelah menonton video tersebut, peserta
didik diajak untuk menggambarkan kegiatan apa saja yang mereka lakukan untuk
menjaga lingkungan rumahnya yang sesuai dengan video pembelajaran tersebut.
Biarkan peserta didik menggambar dengan bebas di buku gambarnya.
-
Setelah seluruh peserta didik selesai
menggambar, lalu guru memberikan kesempatan kepada beberapa peserta didik di
depan kelas untuk menunjukkan dan menceritakan apa yang peserta didik
gambarkan.
-
Setelah itu guru memberikan nasehat
kepada peserta didik untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan rumah
dengan beberapa kegiatan yang sudah di gambarkan tadi agar tertanam rasa
tanggung jawab pada diri peserta didik.
-
Setelah semua selesai guru menarik
kesimpulan dari semua kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan, yaitu tentang
pola hidup bersih dan sehat di lingkungan rumah dan memelihara kebersihan dan
keindahan lingkungan rumah.
6. Penegasan
Untuk pekerjaan rumah dan penegasan,
guru memberikan tugas untuk mencatat kegiatan apa saja yang dilakukan peserta
didik untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan selama sehari mulai dari
pulang sekolah sampai mereka berangkat sekolah lagi. Kegiatan ini dilakukan
agar guru mengetahui kebiasaan sehat apa saja yang dilakukan peserta didik.
7. Evaluasi
-
Tes kinerja
No
|
Nama Siswa
|
Tugas
|
Jumlah
|
||
Menggambar
|
Pekerjaan Rumah
|
Keaktifan di kelas
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
Note:
Skor menggambar = 1-10
Skor pekerjaan rumah = 1-10
Skor keaktifan di kelas = 1-15.
-
Tes sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Kegiatan sehari-hari dalam menjaga kebersihan diri
dan lingkungan (pengematan guru)
|
1.
|
|
|
Note:
Skor dari
1-15
Nilai:
Jumlah skor tes kinerja + tes sikap x 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar