Minggu, 30 Juni 2013

Contoh LKPD PLH


Mengembangkan Kegiatan Siswa dalam Lingkungan Hidup Sekitar Rumah dan Bagian-Bagiannya
1.      Pengantar
Rumah merupakan tempat tinggal peserta didik yang setiap harinya mereka tempati sebagai tempat berlindung dari hujan, panas serta ancaman yang lainnya yang dapat mengganggu kenyamanan mereka. Rumah juga merupakan tempat dimana peserta didik ditumbuhkembangkan baik jiwa maupun fisik mereka. Maka dapat disimpulkan betapa pentingnya peranan lingkungan rumah untuk peserta didik. Oleh karena itu guru harus bisa mengenalkan apa saja kebiasaan hidup sehat yang dapat dilakukan di lingkungan rumah sebagai bentuk tanggung jawab peserta didik dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah dan dirinya sendiri. Kegiatan pembelajaran ini dikemas dalam kegiatan yang menyenangkan, melalui kegiatan bercerita, tanya jawab, menggambar dan lain-lain. Hal ini dilakukan agar peserta didik mengenali lingkungan rumah yang mereka tempati, sekaligus mampu berperan serta  dalam menjaga kebersihan, keindahan, maupun kelestarian lingkungan rumah.
2.      Tujuan
-          Melaksanakan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan rumah
-          Menanamkan rasa tanggung jawab untuk memelihara kebersihan dan keindahan lingkungan rumah
3.      Bahan atau alat yang disediakan
-          Video pembelajaran tentang kebiasaan sehat dan baik dalam menjaga kebersihan lingkungan rumah (berisi tentang kegiatan menyiram tanaman, menyapu halaman, membuang samapah pada tempat sampah, dll.)
4.      Waktu
Disediakan sesuai dengan yang dibutuhkan
5.      Langkah kegiatan
-          Lakukan kegiatan pembelajaran di dalam kelas
-          Melakukan sebuah permainan kecil tebak-tebakan. Disini guru bercerita dan murid yang menebaknya. Kegiatan ini dilakukan agar konsentrasi siswa bisa terfokuskan saat pembelajaran. Inilah beberapa cerita tebak-tebakan yang dapat digunakan oleh guru:
1.      Aku sebuah benda. Murid-murid memasukkan sesuatu padaku. Aku ada dimana-mana. Di dalam kelas dan di luar kelas. Dengan adanya aku sampah di sekolah tidak berserakan. Semua terkumpul dalam tubuhku. Siapa aku? (tempat sampah)
2.      Aku sebuah benda. Aku dipakai untuk membersihkan lantai yang berserakan dengan sampah. Aku memiliki tongkat dan rambut diujung tubuhku. Murid-murid menggunakanku untuk membersihkan lantai kelasnya. Dengan adanya aku sampah bisa terkumpul. Siapa aku? (sapu)
3.      Aku sebuah benda. Aku dipakai untuk membersihkan gigi yang kotor. Aku digunakan manusia setiap pagi dan malam. Diujung tubuhku memiliki serabut lembut yang akan menggosok gigimu. Aku selalu diolesi pasta gigi saat kamu menggunakanku. Dengan adanya aku gigimu menjadi bersih. Siapa aku? (sikat gigi)
-          Guru melakukan tanya jawab tentang kebiasaan hidup peserta didik di lingkungan rumah. Inilah proses tanya jawabnya:
1.      Siapa yang sudah mandi hari ini?
2.      Apa saja yang kalian lakukan saat mandi? (menanyakan kepada satu persatu peserta didik, lalu menuliskan jawaban mereka di papan tulis)
3.      Lalu guru memberitahukan kegiatan apa saja yang harus dilakukan siswa saat mandi dengan melihat pertimbangan jawaban dari peserta didik, seperti menggososk gigi, mencucui rambut dengan sampo dan mandi menggunakan sabun. 
4.      Berapa kali kalian memotong kuku? (guru memberitahukan agar memotong kuku setiap kali sudah panjang)
5.      Siapa yang bisa memakai baju seragam dan sepatu sendiri?
6.      Jam berapa kalian tidur dan jam brapa kalian bangun? (lalu guru memberikan nasehat kepada peserta didik untuk tidur pada jam 8 malam dan bangun pada jam 5 pagi)
7.      Siapa yang suka membersihkan kasur dan merapikan selimut dan bantal saat bangun?
8.      Siapa yang suka membantu orang tuanya membersihkan rumah? Apa saja kegiatan yang kalian bantu? (bertanya pada satu persatu siswa, lalu menuliskan jawaban mereka dipapan tulis)
9.      Lalu guru memberitahukan apa saja kegiatan menjaga lingkungan rumah sesuai dengan jawaban siswa sebelumnya. Guru pun memberikan penguatan agar peserta didik ikut menjaga lingkungan rumahnya agar bersih dan sehat.
-          Setelah melakukan tanya jawab yang bermakna, lalu guru mengajak siswa untuk membaca sebuah bacaan tentang pola hidup sehat di rumah saat makan. Teks bacaannya seperti ini:
Makan dengan Baik dan Sehat
Rina selalu makan secukupnya. Sebelum makan Rina selalu mencuci tangannya dengan sabun agar tangannya bebas dari kuman. Rina selalu berdoa sebelum maupun sesudah makan. Rina selalu makan dengan makanan yang sehat, yaitu makanan yang bersih dan bergizi. Makanan sehat tersebut membuat tubuh Rina menjadi sehat dan kuat.
-          Setelah membaca bacaan tersebut guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk menyebutkan apa saja kebiasaan sehat yang dilakukan Rina saat makan. Setelah itu guru menasehati siswa untuk mengikuti kebiasaan Rina saat makan.
-          Setelah itu guru mengajak peserta didik untuk menonton sebuah video pembelajaran tentang kebiasaan sehat dan baik dalam menjaga kebersihan lingkungan rumah seperti menyiram tanaman, menyapu halaman, membuang samapah pada tempat sampah, dll.
-          Setelah menonton video tersebut, peserta didik diajak untuk menggambarkan kegiatan apa saja yang mereka lakukan untuk menjaga lingkungan rumahnya yang sesuai dengan video pembelajaran tersebut. Biarkan peserta didik menggambar dengan bebas di buku gambarnya.
-          Setelah seluruh peserta didik selesai menggambar, lalu guru memberikan kesempatan kepada beberapa peserta didik di depan kelas untuk menunjukkan dan menceritakan apa yang peserta didik gambarkan.
-          Setelah itu guru memberikan nasehat kepada peserta didik untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan rumah dengan beberapa kegiatan yang sudah di gambarkan tadi agar tertanam rasa tanggung jawab pada diri peserta didik.
-          Setelah semua selesai guru menarik kesimpulan dari semua kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan, yaitu tentang pola hidup bersih dan sehat di lingkungan rumah dan memelihara kebersihan dan keindahan lingkungan rumah.
6.      Penegasan
Untuk pekerjaan rumah dan penegasan, guru memberikan tugas untuk mencatat kegiatan apa saja yang dilakukan peserta didik untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan selama sehari mulai dari pulang sekolah sampai mereka berangkat sekolah lagi. Kegiatan ini dilakukan agar guru mengetahui kebiasaan sehat apa saja yang dilakukan peserta didik.
7.      Evaluasi
-          Tes kinerja
No
Nama Siswa
Tugas
Jumlah
Menggambar
Pekerjaan Rumah
Keaktifan di kelas
1.






Note:
Skor menggambar = 1-10
Skor pekerjaan rumah = 1-10
Skor keaktifan di kelas = 1-15.

-          Tes sikap
No
Nama Siswa
Kegiatan sehari-hari dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan (pengematan guru)
1.


Note:
Skor dari 1-15

Nilai:  Jumlah skor tes kinerja + tes sikap x 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar