Selasa, 29 Mei 2012

perkembangan murid sekolah dasar


kls
FISIK ATAU MOTORIK
KOGNITIF
EMOSI
SOSIAL
BAHASA
MORAL
AGAMA
1
siswa masih banyak bergerak dan gerakannya pun belum bisa terkonsep dan tidak teratur

Cenderung ingin selalu dilayani

Siswa suka mencari perhatian, apabila direspon maka akan gembira
Siswa belum percaya diri dalam mengisi soal-soal sendiri sehingga hasil jawabannya sering disamakan atau dicocokkan dengan temannya
Emosi siswa masih belum terkontrol

Terkadang bisa marah tanpa sebab
Dalam hal membuang sampah siswa masih harus diarahkan oleh guru, sehingga guru berperan penting menjadi model
Pada umumnya siswa lebih banyak menggunakan bahasa ibu
Moral yang ditumbuhkan dalam siswa masih harus dipandu oleh guru
Untuk mempelajari agama, siswa diimbau untuk menghafal doa sehari-hari dengan metode hafalan
2
Saat diberi tugas siswa konsentrasi dan tenang, apabila tugasnya sudah diselesaikan siswa aktif untuk mengumpulkan kepada guru

Suka berlari-lari saat belajar di kelas

Perempuan lebih aktif dari pada laki-laki

Saat guru bertanya ada siswa yang aktif dan ada pula yang kurang fokus

Siswa bisa mempraktekan apa yang ibu guru peragakan
Siswa ada yang cepat dan lambat dalam menulis dan sebagian siswa sudah dapat membaca tanpa dieja dan sebagiannya lagi masih dieja

Pengetahuan yang dimiliki siswa pun masih terbatas

Siswa masih belum bisa fokus ke pembelajaran sepenuhnya

Siswa sudah bisa menghafal bacaan shalat

Ada siswa yang masih suka bertengkar saat menulis

Ada pula siswa yang mudah tersinggung

Siswa saling menyayangi dengan teman

Siswa mampu bersikap adil saat meminjamkan barang kepada yang terlebih dahulu minta ijin

Siswa belum mengerti perbedaan laki-laki dan perempuan

Siswa sudah bisa berkomunikasi dengan guru

Siswa sudah mengerti meminta ijin terlebih dahulu sebelum meminjam
Siswa pada umumnya menggunakan bahasa ibu namun saat ditanya, mereka mengaku menggunakan bahasa Indonesia dalam kegiatan sehari-hari

Siswa dapat berinteraksi dengan teman sebaya
Siswa tidak mencontek dalam mengerjakan tugas dan bersikap jujur

Siswa meminta ijin terlebih dahulu sebelum meminjam barang temannya
Bacaan sholat siswa sudah lancar

Ada siswa  perempuan yang sudah sadar menggunakan kerudung

Saat berdoa ada siswa yang khusu tetapi ada juga yang tidak

Siswa mengucapkan salam bila ada orang lain masuk ke kelas
3
Siswa rata-rata belum bisa duduk dengan posisi yang benar saat menulis

Siswa sudah bisa memegang pensil, menggunakan penyerut dan menulis dengan baik

Ada beberapa siswa yang pandangan matanya belum benar saat membaca buku

Siswa masih suka berjalan-jalan dan bernyanyi dalam kelas

Ada siswa yang menghentak-hentak meja saat pembelajaran

Siswa sudah bisa bermain bersama temannya dengan menggunakan permainan anak seperti tepuk-tepuk
Siswa sudah bisa menyalin cerita yang ada di buku dengan huruf tegak bersambung ke dalam buku tulisnya, namun tulisannya masih kurang rapih

Ada siswa yang sudah bisa menulis cepat dan ada juga anak yang masih lambat dalam menulis

Ada siswa yang sudang bisa menggambar dengan mengkombinasikan warna yang ada

Siswa mudah sekali dalam mengahafal lagu


Siswa merasa sedikit terganggu dengan kedatangan orang asing dan cenderung gugup, bila sudah didekati maka mereka pun bisa menyesuaikan diri dengan orang asing tersebut

Siswa masih malu-malu dengan hasil belajarnya dan merasa kurang percaya diri

Siswa cenderung ikut-ikutan dengan temannya, satu buang air kecil, beberapa siswa yang lainnya mengikuti
Siswa sudah memiliki keberanian maju ke depan kelas saat di perintah
Siswa berbaris terlebih dahulu sebelum memasuki kelas

Siswa saling membantu dengan temannya

Siswa bisa berkomunikasi  dengan baik dan bermain-main dengan temannya

Siswa pun sudah bisa menangkap informasi saat berkomunikasi

Ada seorang siswa perempuan yang berpenampilam seperti laki-laki
Kebanyakan siswa berkomunikasi dengan menggunkan bahasa ibu

Saat berkomunikasi dengan gurunya, siswa menggunakan bahasa yang tidak baku, seperti, “Bu, pengen pipis.”

Saat siswa mengobrol dengan teman sebayanya menggunakan bahasa sehari-hari
Siswa masih terlihat bebas karena belum mengerti moral dan kesopanan, tapi bukan berarti sikap mereka buruk, hanya saja mereka belum terlalu mengerti dengan moral dan nilai kesopanan

Ada siswa yang berani duduk di meja dan berani berdiri dikursi saat pembelajaran
Siswa mengucapkan salam kepada guru dan berdoa saat sebelum pembelajaran dimulai

Sekolah mengimbau siswa menggunakan kerudung pada hari jum’at, dan ada sebagian anak perempuan yang menggunkan kerudung
4
Guru menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang terlihat aktif dalam bergerak

Siswa laki-laki lebih aktif dari pada anak perempuan, saat mengacungkan tangan laki-laki lebih tinggi dari pada perempuan
Saat pembelajran siswa kebingungan dengan materi yang diajarkan guru, adapun siswa yang menguap saat pembelajaran

Tulisan anak beragam, ada yang sudah rapih dan ada yang belum rapih

Ada beberapa siswa yang pintar dalam kelas
Siswa laki-laki emosi nya tinggi bila dikalahkan oleh siswa perempuan

Siswa laki-laki lebih percaya diri dari pada siswa perempuan yang masih malu-malu
Siswa sudah mengerti perbedaan jenis kelamin antara perempuan dan laki-laki, sehingga susah bersosialisasi dengan lawan jenis

Siswa mudah berantem oleh hal-hal kecil seperti, meminjamkan dasi kepada temannya

Siswa yang berjenis kelamin sama mulai suka bergerombolan atau berkelompok
Siswa rata-rata menggunakan bahasa ibu
Siswa lebih suka menghafal lagu-lagu populer dari pada lagu nasional
Siswa berdoa terlebih dahulu sebelum memulai belajar
5
Siswa relati cepat dalam bergerak seperti aktif bertanya pada guru dengan mengacungkan tangan

Pergerakan yang siswa lakukan sudah bisa terkontrol oleh dirinya sendiri
Siswa aktif sekali dalam bertanya dan saat menjawab, jawabannya pun beragam

Siswa sudah bisa menganalogikan sesuatu

Siswa sudah mampu berkelompok dengan baik dalam pembelajaran
Emosi siswa sudah bisa terkontrol oleh dirinya sendiri sehingga sudah tidak ribut lagi

Siswa sudah mengerti keadaan kelas bagaimana
Siswa bersikap jujur dalam bertanya

Saling membantu temannya dalam berkelompok

Siswa pada umumnya menggunakan bahasa ibu yang kasar dan bahasa Indonesia, sehingga dipadukan diantara keduanya
pembelajaran
Siswa masih ada yang menggunakan jaket dan topi saat pembelajaran

Siswa sudah mengerti dan menggunkan gaya rambut zaman sekarang yang menyimpang

Siswa sudah bisa meminta ijin dalam meminjam barang temannya

Ada siswa yang menggunkan cermin saat pembelajaran
Siswa berdoa terlebih dahulu sebelum belajar

Sudah ada dua siswa perempuan yang menggunakan kerudung
6
Siswa sudah bisa menggunakan alat musik tradisional, bernyanyi dan berkelompok

Siswa sudah bisa bermain dengan teman sebayanya

Siswa sudah bisa merespon penampilan temannya dengan bertepuk tangan
Siswa bisa menghafal lirik dan notasi cara bermain alat music yang akan dimainkan saat akan dites

Ada siswa yang bisa menyesuaikan nada lagu yang dimainkan oleh temannya menggunakan meja dengan cara dihentak-hentakkan
Siswa kurang bergembira saat ujian praktek dan merasa tegang saat akan dites

Ada siswa yang menyendiri dan melakukan hal-hal yang aneh karena gugup menghadapi tes

80% Siswa percaya diri meghadapi tes, 10% masih malu-malu dan 10% sisanya percaya diri berlebihan

Ada seorang siswa perempuan menangis lalu seorang siswa laki-laki perhatian terhadapnya
Siswa sudah bisa berbagi dengan temannya dalam hal makanan

Siswa terbiasa menyapa guru dengan sapaan dan salam

Ada siswa laki-laki yang mengejek anak perempuan

Pembentukan kelompok dengan sesame temannya sudah terlihat jelas

Bila ada temannya lupa llirik saat tes, siswa lainnya mengingatkan
Siswa sering menggunakan bahasa sunda loma
Ada beberapa siswa yang menggunakan bahasa anak
Ada seorang siswa yang sudah memiliki gaya berbusana tersendiri

Siswa sudah membawa handphone dan merasa ingin pamer dengan temannya

Sudah menyadari akan pentignya kebersihan diwujudkan dalam membuang sampah pada tempatnya

Ada seorang anak yang meledek temannya yang sedang menjalani tes

Pakaian siswa pada umumnya sudah rapih


Siswa sudah bisa bersikap sopan terhadap orang asing (observer)

Siswa sudah bisa saling menghargai temannya
Siswa berdoa terlebih dahulu sebelumujian dimulai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar