kls
|
FISIK
ATAU MOTORIK
|
KOGNITIF
|
EMOSI
|
SOSIAL
|
BAHASA
|
MORAL
|
AGAMA
|
1
|
siswa
masih banyak bergerak dan gerakannya pun belum bisa terkonsep dan tidak
teratur
Cenderung
ingin selalu dilayani
Siswa
suka mencari perhatian, apabila direspon maka akan gembira
|
Siswa
belum percaya diri dalam mengisi soal-soal sendiri sehingga hasil jawabannya
sering disamakan atau dicocokkan dengan temannya
|
Emosi
siswa masih belum terkontrol
Terkadang
bisa marah tanpa sebab
|
Dalam
hal membuang sampah siswa masih harus diarahkan oleh guru, sehingga guru
berperan penting menjadi model
|
Pada
umumnya siswa lebih banyak menggunakan bahasa ibu
|
Moral
yang ditumbuhkan dalam siswa masih harus dipandu oleh guru
|
Untuk
mempelajari agama, siswa diimbau untuk menghafal doa sehari-hari dengan metode
hafalan
|
2
|
Saat
diberi tugas siswa konsentrasi dan tenang, apabila tugasnya sudah
diselesaikan siswa aktif untuk mengumpulkan kepada guru
Suka
berlari-lari saat belajar di kelas
Perempuan
lebih aktif dari pada laki-laki
Saat
guru bertanya ada siswa yang aktif dan ada pula yang kurang fokus
Siswa
bisa mempraktekan apa yang ibu guru peragakan
|
Siswa
ada yang cepat dan lambat dalam menulis dan sebagian siswa sudah dapat
membaca tanpa dieja dan sebagiannya lagi masih dieja
Pengetahuan
yang dimiliki siswa pun masih terbatas
Siswa
masih belum bisa fokus ke pembelajaran sepenuhnya
Siswa
sudah bisa menghafal bacaan shalat
|
Ada
siswa yang masih suka bertengkar saat menulis
Ada
pula siswa yang mudah tersinggung
|
Siswa
saling menyayangi dengan teman
Siswa
mampu bersikap adil saat meminjamkan barang kepada yang terlebih dahulu minta
ijin
Siswa
belum mengerti perbedaan laki-laki dan perempuan
Siswa
sudah bisa berkomunikasi dengan guru
Siswa
sudah mengerti meminta ijin terlebih dahulu sebelum meminjam
|
Siswa
pada umumnya menggunakan bahasa ibu namun saat ditanya, mereka mengaku
menggunakan bahasa Indonesia dalam kegiatan sehari-hari
Siswa
dapat berinteraksi dengan teman sebaya
|
Siswa
tidak mencontek dalam mengerjakan tugas dan bersikap jujur
Siswa
meminta ijin terlebih dahulu sebelum meminjam barang temannya
|
Bacaan
sholat siswa sudah lancar
Ada
siswa perempuan yang sudah sadar
menggunakan kerudung
Saat
berdoa ada siswa yang khusu tetapi ada juga yang tidak
Siswa
mengucapkan salam bila ada orang lain masuk ke kelas
|
3
|
Siswa
rata-rata belum bisa duduk dengan posisi yang benar saat menulis
Siswa
sudah bisa memegang pensil, menggunakan penyerut dan menulis dengan baik
Ada
beberapa siswa yang pandangan matanya belum benar saat membaca buku
Siswa
masih suka berjalan-jalan dan bernyanyi dalam kelas
Ada
siswa yang menghentak-hentak meja saat pembelajaran
Siswa
sudah bisa bermain bersama temannya dengan menggunakan permainan anak seperti
tepuk-tepuk
|
Siswa
sudah bisa menyalin cerita yang ada di buku dengan huruf tegak bersambung ke
dalam buku tulisnya, namun tulisannya masih kurang rapih
Ada
siswa yang sudah bisa menulis cepat dan ada juga anak yang masih lambat dalam
menulis
Ada
siswa yang sudang bisa menggambar dengan mengkombinasikan warna yang ada
Siswa
mudah sekali dalam mengahafal lagu
|
Siswa
merasa sedikit terganggu dengan kedatangan orang asing dan cenderung gugup,
bila sudah didekati maka mereka pun bisa menyesuaikan diri dengan orang asing
tersebut
Siswa
masih malu-malu dengan hasil belajarnya dan merasa kurang percaya diri
Siswa
cenderung ikut-ikutan dengan temannya, satu buang air kecil, beberapa siswa
yang lainnya mengikuti
Siswa
sudah memiliki keberanian maju ke depan kelas saat di perintah
|
Siswa
berbaris terlebih dahulu sebelum memasuki kelas
Siswa
saling membantu dengan temannya
Siswa
bisa berkomunikasi dengan baik dan
bermain-main dengan temannya
Siswa
pun sudah bisa menangkap informasi saat berkomunikasi
Ada
seorang siswa perempuan yang berpenampilam seperti laki-laki
|
Kebanyakan
siswa berkomunikasi dengan menggunkan bahasa ibu
Saat
berkomunikasi dengan gurunya, siswa menggunakan bahasa yang tidak baku,
seperti, “Bu, pengen pipis.”
Saat
siswa mengobrol dengan teman sebayanya menggunakan bahasa sehari-hari
|
Siswa
masih terlihat bebas karena belum mengerti moral dan kesopanan, tapi bukan
berarti sikap mereka buruk, hanya saja mereka belum terlalu mengerti dengan
moral dan nilai kesopanan
Ada
siswa yang berani duduk di meja dan berani berdiri dikursi saat pembelajaran
|
Siswa
mengucapkan salam kepada guru dan berdoa saat sebelum pembelajaran dimulai
Sekolah
mengimbau siswa menggunakan kerudung pada hari jum’at, dan ada sebagian anak
perempuan yang menggunkan kerudung
|
4
|
Guru
menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang terlihat aktif dalam
bergerak
Siswa
laki-laki lebih aktif dari pada anak perempuan, saat mengacungkan tangan
laki-laki lebih tinggi dari pada perempuan
|
Saat
pembelajran siswa kebingungan dengan materi yang diajarkan guru, adapun siswa
yang menguap saat pembelajaran
Tulisan
anak beragam, ada yang sudah rapih dan ada yang belum rapih
Ada
beberapa siswa yang pintar dalam kelas
|
Siswa
laki-laki emosi nya tinggi bila dikalahkan oleh siswa perempuan
Siswa
laki-laki lebih percaya diri dari pada siswa perempuan yang masih malu-malu
|
Siswa
sudah mengerti perbedaan jenis kelamin antara perempuan dan laki-laki,
sehingga susah bersosialisasi dengan lawan jenis
Siswa
mudah berantem oleh hal-hal kecil seperti, meminjamkan dasi kepada temannya
Siswa
yang berjenis kelamin sama mulai suka bergerombolan atau berkelompok
|
Siswa
rata-rata menggunakan bahasa ibu
|
Siswa
lebih suka menghafal lagu-lagu populer dari pada lagu nasional
|
Siswa
berdoa terlebih dahulu sebelum memulai belajar
|
5
|
Siswa
relati cepat dalam bergerak seperti aktif bertanya pada guru dengan
mengacungkan tangan
Pergerakan
yang siswa lakukan sudah bisa terkontrol oleh dirinya sendiri
|
Siswa
aktif sekali dalam bertanya dan saat menjawab, jawabannya pun beragam
Siswa
sudah bisa menganalogikan sesuatu
Siswa
sudah mampu berkelompok dengan baik dalam pembelajaran
|
Emosi
siswa sudah bisa terkontrol oleh dirinya sendiri sehingga sudah tidak ribut
lagi
Siswa
sudah mengerti keadaan kelas bagaimana
|
Siswa
bersikap jujur dalam bertanya
Saling
membantu temannya dalam berkelompok
|
Siswa
pada umumnya menggunakan bahasa ibu yang kasar dan bahasa Indonesia, sehingga
dipadukan diantara keduanya
pembelajaran
|
Siswa
masih ada yang menggunakan jaket dan topi saat pembelajaran
Siswa
sudah mengerti dan menggunkan gaya rambut zaman sekarang yang menyimpang
Siswa
sudah bisa meminta ijin dalam meminjam barang temannya
Ada
siswa yang menggunkan cermin saat pembelajaran
|
Siswa
berdoa terlebih dahulu sebelum belajar
Sudah
ada dua siswa perempuan yang menggunakan kerudung
|
6
|
Siswa
sudah bisa menggunakan alat musik tradisional, bernyanyi dan berkelompok
Siswa
sudah bisa bermain dengan teman sebayanya
Siswa
sudah bisa merespon penampilan temannya dengan bertepuk tangan
|
Siswa
bisa menghafal lirik dan notasi cara bermain alat music yang akan dimainkan
saat akan dites
Ada
siswa yang bisa menyesuaikan nada lagu yang dimainkan oleh temannya
menggunakan meja dengan cara dihentak-hentakkan
|
Siswa
kurang bergembira saat ujian praktek dan merasa tegang saat akan dites
Ada
siswa yang menyendiri dan melakukan hal-hal yang aneh karena gugup menghadapi
tes
80%
Siswa percaya diri meghadapi tes, 10% masih malu-malu dan 10% sisanya percaya
diri berlebihan
Ada
seorang siswa perempuan menangis lalu seorang siswa laki-laki perhatian terhadapnya
|
Siswa
sudah bisa berbagi dengan temannya dalam hal makanan
Siswa
terbiasa menyapa guru dengan sapaan dan salam
Ada
siswa laki-laki yang mengejek anak perempuan
Pembentukan
kelompok dengan sesame temannya sudah terlihat jelas
Bila
ada temannya lupa llirik saat tes, siswa lainnya mengingatkan
|
Siswa
sering menggunakan bahasa sunda loma
Ada
beberapa siswa yang menggunakan bahasa anak
|
Ada
seorang siswa yang sudah memiliki gaya berbusana tersendiri
Siswa
sudah membawa handphone dan merasa ingin pamer dengan temannya
Sudah
menyadari akan pentignya kebersihan diwujudkan dalam membuang sampah pada
tempatnya
Ada
seorang anak yang meledek temannya yang sedang menjalani tes
Pakaian
siswa pada umumnya sudah rapih
Siswa
sudah bisa bersikap sopan terhadap orang asing (observer)
Siswa
sudah bisa saling menghargai temannya
|
Siswa
berdoa terlebih dahulu sebelumujian dimulai
|
Selasa, 29 Mei 2012
perkembangan murid sekolah dasar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar